Peran Teknologi Rekayasa Multimedia dalam Mendorong Inovasi Digital di Era Industri Kreatif | LMS Polihasnur

Peran Teknologi Rekayasa Multimedia dalam Mendorong Inovasi Digital di Era Industri Kreatif

Created by M FADLI RIDHANI in Articles 8 May 2025
Share

🌐 Pendahuluan

Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara manusia belajar, berkomunikasi, hingga berbisnis. Di tengah transformasi ini, bidang Teknologi Rekayasa Multimedia (TRM) memegang peran penting sebagai penggerak utama konten digital yang informatif, interaktif, dan inovatif. TRM tidak hanya bicara soal desain visual, tetapi juga menyentuh aspek teknologi, logika sistem, interaktivitas, serta solusi nyata berbasis media.


🎨 Apa Itu Teknologi Rekayasa Multimedia?

TRM adalah bidang terapan yang memadukan desain komunikasi visual, pemrograman, produksi media, dan rekayasa perangkat lunak untuk membangun sistem atau aplikasi berbasis multimedia. Lulusan TRM dibekali kemampuan untuk menciptakan aplikasi interaktif, video edukatif, animasi, konten digital promosi, hingga simulasi berbasis media.


🛠️ Mengapa TRM Sangat Relevan Hari Ini?



  1. Kebutuhan konten digital terus meningkat di bidang pendidikan, pemasaran, UMKM, dan sektor pemerintahan.




  2. Masyarakat makin visual dan interaktif, menuntut tampilan aplikasi dan informasi yang tidak membosankan.




  3. Platform digital seperti YouTube, Instagram, TikTok, dan e-learning sangat bergantung pada keahlian multimedia untuk menarik dan mempertahankan audiens.




🚀 Peran Dosen dan Pendidikan TRM

Sebagai dosen TRM, tanggung jawab saya tidak hanya mengajarkan teori, tetapi juga:



  • Mengarahkan mahasiswa membuat solusi nyata bagi masyarakat lokal (seperti katalog digital UMKM, video profil desa, dan media edukasi anak).




  • Memperkenalkan teknologi yang sesuai dengan level vokasi, seperti PowerPoint interaktif, App Inventor, Figma, HTML dasar, hingga Vercel.




  • Menanamkan sikap kreatif, kolaboratif, dan adaptif di tengah perubahan teknologi.




📦 Hasil Karya Mahasiswa TRM Bisa Berupa:



  • Aplikasi edukasi berbasis suara dan gambar untuk anak-anak




  • Video company profile sekolah atau desa




  • Simulasi pelatihan keselamatan kerja berbasis animasi




  • Presentasi interaktif promosi produk UMKM




🧭 Tantangan dan Harapan

Tantangan utama kami ada pada:



  • Akses teknologi yang merata




  • Level literasi digital mahasiswa awal




  • Perlu dukungan industri dan institusi dalam memberikan ruang praktik



Namun, dengan pendekatan proyek berbasis lokal dan budaya digital yang membumi, saya yakin pendidikan vokasi TRM mampu mencetak lulusan yang siap terjun di industri kreatif, dunia digital, bahkan menciptakan lapangan kerja sendiri.


📌 Penutup























TRM bukan sekadar belajar desain atau edit video. Ini adalah bidang strategis yang menjembatani teknologi dan komunikasi dalam bentuk media interaktif. Di era di mana semua konten harus bisa “bicara” lewat layar, TRM adalah kunci menghadirkan pesan yang bermakna, mudah dipahami, dan berdampak.

Comments (0)

Share

Share this post with others